Tingkatkan Literasi Keluarga, Kampung Dongeng Indonesia Bekali Orangtua dengan Keterampilan Komunikasi dan Bercerita

Foto: Praktek mendongeng (Doc. Istimewa)

HALUANNUSANTARA.com, Tangerang
 – Sebanyak 40 orangtua mengikuti Workshop Penguatan Literasi Keluarga yang diselenggarakan oleh komunitas Kampung Dongeng Indonesia pada hari Minggu (6/10) di gedung serba guna perumahan Royal Permata Balaraja.  Pada pelatihan tersebut, peserta mendapatkan pembekalan penting mengenai teknik komunikasi dan bercerita yang dapat diterapkan di rumah untuk mendukung peningkatan literasi keluarga.

Di dalam pengantarnya, Kak Awam Prakoso _ Founder sekaligus Ketua Dewan Pembina Komunitas Kampung Dongeng Indonesia, menyampaikan bahwa selain gaya komunikasi efektif, orangtua perlu menguasai keterampilan menciptakan suasana nyaman, termasuk menghargai waktu bermain anak. ”Karena bagi anak-anak, bermain itu memerlukan fokus dan dilakukan dengan serius.” ungkapnya.

Para peserta terlihat sangat antusias dan menikmati diskusi dan praktik bercerita dan membacakan buku yang disampaikan oleh  dua narasumber, yakni Siti Yulia Murni Caesaria dari Depok dan Kak Agung Nonoy dari Tangerang Selatan. Keduanya merupakan pendongeng dan penggerak literasi yang aktif mendampingi anak-anak di berbagai daerah.

Foto: Foto bersama narasumber dan orangtua (Doc. Istimewa)

Workshop Penguatan Literasi Keluarga ini merupakan satu dari empat rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Kampung Dongeng Indonesia sebagai implementasi dan pertanggungjawaban dari Bantuan Pemerintah melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Republik Indonesia untuk Komunitas Penggerak Literasi tahun 2024.

Menurut panitia yang diwakili Kak Meta, ada tiga kegiatan lagi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat; Pelatihan Relawan untuk Transformasi  Literasi, Konser Anak Hebat, dan Workshop Literasi Anak dan Remaja yang bisa dipantau melalui akun media sosial Kampung Dongeng Indonesia. ”Kami berharap, program-program ini dapat membantu pemerintah untuk memperkuat peran masyarakat dalam membentuk lingkungan literasi yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak.” jelasnya. 

Sebelum workshop dilaksanakan, Kak Awam Prakoso dan Relawan Kampung Dongeng Indonesia juga sempat menghibur 80 anak-anak di sekitar lokasi dengan berbagai kegiatan seperti bermain, pertunjukan dongeng, serta membuat kreativitas melalui kegiatan Pekan Ceria yang biasa dilakukan setiap bulan di akhir pekan oleh anggota Kampung Dongeng di seluruh Indonesia.

Lebih baru Lebih lama
RajaBackLink.com

نموذج الاتصال